Project-Life
Bella Blogspot
Selamat Datang di www.papeldelarte.com - Scrapbook & Paper Crafts Supplies Store - Hobby , Souvenir , Scrapbooking , Origami & Accessories. Selamat Berbelanja. INFO PRODUK TERBARU : Join FB kami @Pda Scrapbooking

#4 of 11 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow Ingin Membuat Sebuah Kenangan, Scrap aja Sekalian

Scrapbooks adalah album yang dihias diciptakan untuk melestarikan kenangan pribadi dan riwayat keluarga. Jika Anda tertarik pada foto-foto Anda, dekorasilah mereka dengan kertas mewah dan mendekorasi kembali hasilnya dengan bahan-bahan berkilau atau dengan pita, maka setelah itu Anda tidak akan asing lagi dengan scrapbooking.

Dengan berbagai pernak-pernik baru yang mewah dan alat-alat yang tersedia di toko, sebuah  industri craft baru telah berkembang di sekitar kita, dan dengan pertumbuhan popularitas yang cepat di Indonesia, penggemar scrapbooking banyak memulai hobby baru mereka.

Dalam tiga tahun terakhir, semakin banyak toko yang mengkhususkan diri dalam scrapbooking telah muncul di mal Jakarta.

Seni scrapbooking berasal dari Amerika Serikat, di mana ia adalah salah satu hobi yang paling cepat berkembang. Menurut the US Craft and Hobby Association, scrapbooking merupakan bagian utama dari pendapatan untuk industri kerajinan di negara itu.

Tapi di Indonesia, scrapbooking relatif baru dan baru saja mulai mendapatkan pengikut.

Seorang wanita Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, mengambil scrapbooking sebagai hobi ketika ia melahirkan putrinya 11 tahun lalu. Sekarang, dia mengajar kerajinan kertas untuk Indonesia di situs web pribadinya.

"Saya kira Indonesia telah memperhatikan hype dan fuss soal scrapbooking, terutama di negara-negara lain seperti Amerika Serikat," katanya. "Jadi mereka sudah mulai mengikuti situs Web dan blog untuk belajar lebih banyak tentang hal itu."

Scrapbooking bukan hanya tentang menjadi kreatif, tetapi juga merupakan cara unik dan pribadi dalam berkisah dan melestarikan kenangan.

Setelah Anda mendekorasi sebuah foto, semua itu bukan hanya tentang sebuah foto, tetapi ia telah menjadi lebih istimewa. "Anda dapat menulis catatan tentang foto tersebut dan membuat mereka bercerita."

Kerajinan adalah seperti bekerja pada sebuah campuran media dan kanvas, di mana Anda dapat mencampur dan mencocokkan kedua obyek, dua dan tiga dimensi pada selembar kertas untuk mengekspresikan pesan apa yang ingin Anda sampaikan. 

"Sebelum Anda mulai, Anda akan perlu untuk memvisualisasikan produk tersebut sudah jadi, dan memutuskan warna apa yang akan Anda gunakan untuk tata letak secara keseluruhan," kata seorang pengajar scrapbooking di mal-mal di Jakarta dan Bandung. "Ini sangat penting untuk menggabungkan beberapa warna dan pola secara bersamaan."

Dan untuk membantu proses kreatif, ada produk spektrum berkilau yang tersedia di pasar. Dari berbagai kertas bebas zat asam hingga bunga logam, sebagian besar produk ini diimpor dari Amerika Serikat, yang membuat hobi ini relatif sedikit mahal.

Sebagai contoh, sebuah album untuk menyimpan potongan-potongan hasil karya yang sudah selesai berkisar sekitar Rp 350.000 ($ 40), dan sekotak kecil kancing berwarna-warni akan membuat seorang scrapbooker kembali mengeluarkan biaya sekitar Rp 100.000. Untuk menambah jumlah tersebut, terdapat sejumlah teknik seperti embossing dan paper distressing membuat seorang scrapbookers mengeluarkan uang untuk alat-alat khusus ini.

Embossing, yang mana menambahkan tekstur dan dimensi ke dalam halaman dengan menciptakan gambar timbuh, memerlukan bukan hanya secarik kertas, tetapi juga stempel karet, bantalan tinta embossing, bubuk embossing dan kuas berujung lembut.  

Paper distressing, adalah metode yang menyebabkan tepi kertas kelihatan seperti terbakar, memberikan tampilan yang khas, dan bisa agak lebih murah jika dengan menggunakan kertas gosok / amplas atau sikat baja.

Meskipun sering menghabiskan biaya mahal, ada banyak bahan alternatif yang tersedia di dalam kebanyakan rumah tangga, termasuk kertas pembungkus, kartu pos dan benang.

Di Web sekarang banyak yang bersedia berbagi teknik tentang scrapbooking, dan memberitahu pembaca mereka alat pengganti apa yang dapat mereka gunakan untuk membuat hobi tersebut lebih terjangkau.

"Ketika beberapa orang mengeluh tentang biaya atau tentang betapa sulitnya untuk membuat sebuah halaman scrapbook, jangan pernah mengecilkan hati mereka,". " Mereka perlu diberi tahu bahwa tak peduli seberapa mewah bahan mereka dan tidak peduli seberapa banyak alat yang mereka miliki, bakat adalah juga penting."

Rata-rata membutuhkan sekitar tiga jam bagi scrapbooker untuk membuat sebuah halaman scrapbook, tetapi karena ini adalah hobi, jumlah waktu yang dikhususkan untuk membuat hasil karya ini tidaklah begitu penting.

Yang lebih penting adalah kepuasan hati, saat melihat reaksi mereka ketika menerima hadiah buatan tangan Anda. "Itu adalah momen yang terbaik."